Simak Lima Hal yang Patutnya Kita Cemaskan di Dunia

THIS ADS by GOOGLE
Banyak sekali hal yang manusia cemaskan di dunia hidup sehingga melupakan hal – hal penting apa saja yang seharusnya mereka cemaskan.



Diambil dari nasihat Hasan Basri, mari kita renungkan apa saja sih kelima hal yang seharusnya kita cemaskan tersebut, yuk simak di bawah ini :
Hal pertama yang harus kita cemaskan yaitu Ibadah kita! Ya Ibadah kita kepada Allah SWT sang pencipta. Mari kita renungkan dan pikirkan apakah ibadah yang selama ini kita lalukan sudah membuat kita pantas untuk berada di sisi Allah SWT? Ataukah ibadah yang selama ini kita lakukan hanyalah hal – hal yang tanpa makna bagi kita? Apakah shalat yang kita lakukan itu juga merupakan sebuah gerakan tanpa arti yang kita lakukan? Dan apakah semua puasa serta amalan – amalan baik yang kita lakukan hanyalah sebuah penghias hasrat atau malah hanya ingin terlihat menjadi orang yang baik di depan banyak orang? Bukan kah kita hidup di dunia ini untuk beribadah kepada Allah SWT? Apa gunanya kita melakukan banyak hal di atas jika semua ibadah dan amalan baik yang kita lakukan tidak diterima oleh Allah SWT?

Hal inilah yang seharusnya kita cemaskan di dalam hidup kita, karena hidup dan mati kita ada di tangan Allah SWT. Selayaknya juga kita memohon kepada Allah SWT untuk selalu hadir didalam hidup kita dan membimbing kita dan memperbaiki segala ibadah serta amalan – amalan baik kita dan selalu menjaga niat kita hanya untuk Allah SWT.

Setelah ibadah, hal kedua yang patut kita cemaskan yaitu Dosa – dosa kita. Ya, apakah kita pernah memikirkan dan merenungkan betapa banyaknya dosa yang telah kita lakukan disepanjang hidup kita ini? Segala dosa yang besar maupun dosa kecil pasti pernah dilakukan. Bagaimana kah apabila ibadah yang telah kita lakukan perlahan luntur juga karena dosa – dosa yang telah kita lakukan?

Semoga Allah SWT selalu menjaga kita dan menghindarkan kita dari dosa yang besar maupun dosa yang kecil.

Lalu hal yang ketiga yang patut kita cemaskan adalah Surga dan Neraka. Surga dan neraka merupakan sebuah konsekuensi atas segala perbuatan baik dan buruk yang telah kita lakukan cemaskan di dunia selama kita hidup. Malaikat akan menghitung semua perbuatan baik dan buruk yang telah kita lakukan cemaskan di dunia ini pada hari perhitungan ketika kita meninggal nanti. Dan setelah itu hanya ada satu tempat untuk kembali yaitu Surga atau Neraka.
Apakah kita sudah mengetahui panasnya siksaan dan api di dalam neraka itu? Apakah kita sudanh mengetahui azab Allah SWT di dalam neraka itu seperti apa? Atau apakah kita sudah mengetahui nikmat yang akan Allah SWT berikan kepada kita jika kita berada di dalam surga – Nya? Apakah sudah pantas kita berada di surga milik Allah SWT sekaligus berada di sisi – Nya? Semoga di akhirat nanti tempat terbaik untuk kita kembali adalah berada di sisi Allah SWT.

Lalu hal keempat yang patut kita cemaskan juga adalah masa lalu dan masa depan yang telah dan akan kita lewati. Masa lalu sendiri merupakan sebuah pelajaran sekaligus perjalanan yang sangat berharga yang patut kita jadikan guru untuk masa depan yang lebih baik. Karena pengalaman sendiri merupakan guru untuk kita belajar menjadi leih baik di masa depan. Dan masa depan itu sendiri merupakan sebuah misteri yang tidak pernah manusia ketahui akan bagaimana jadinya. Karena sesungguhnya Allah SWT telah menyiapkan skenario – skenario terbaik yang akan diberikan kepada kita sesuai dengan amalan dan perbuatan baik atau buruk yang telah dilakukan selama hidup cemaskan di dunia. Maka dari itu semoga dari masa lalu kita bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan kita dan selalu memohon bimbingan kepada Allah SWT.

Dan hal kelima yang merupakan halterkahir yang patut kita cemaskan adalah Keridhoan Allah SWTatas semua tindaka yang telah dan akan kita lakukan. Semua hal yang kita lakukan sedari kita hidup dahulu hingga hari kematian kita nanti yang akan datang, akan kah semua hal itu telah Allah SWT ridhoi? Apakah ridho dari Allah SWT tersebut akan membawa kita kepada surga – Nya yang amat indah itu? Atau kah selama kita hidup ini kita hanya melakukan hal – hal yang sebenar nya tidak memiliki arti? Bahkan mungkin kita juga tidak bisa menjadi manfaat bagi orang – orang yang ada di sekitar kita? Atau mungkin hal – hal yang kita lakukan ini hanyalah akan membawa kita kepada murka dari Allah SWT itu sendiri?

Maka dari itu kita diharuskan untuk selalu memperhatikan apakan yang sedang dan akan kita lakukan. Pikirkan lah tujuan dan dampak yang akan timbul dari hal yang akan kita lakukan tersebut. Selalu tetapkan lah tujuan kita kepada Allah SWT, karena jika kita melakukan hal apapun untuk dan atas nama Allah SWT, niscaya Allah SWT akan selalu memberikan jalan terang dan jalan terbaik untuk kita. Karena, bisa saja hal – hal kecil yang kita lakukan juga akan membawa kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT.

Nah itu lah sobat dije kelima hal yang seharusnya kita cemaskan ketika kita hidup di dunia. Hal yang seharusnya kita cemaskan bukan lah selalu hal – hal duniawi. Malahan hal – hal duniawi tersebut lah yang akan membawa kita kepada kehancuran. Karena hal – hal duniawi akan selalu mendekatkan kita kepada dosa sehingga kita pun menjadi jauh dengan Allah SWT sang Maha Besar dan Maha Pengampun. Maka dari sekarang, tetapkan lah tujuan untuk apakah kita hidup cemaskan di dunia? Dan apakah dengan kehidupan kita yang sekarang kita sudah bisa menjadi manfaat bagi banyak orang ataupun orang – orang yang ada di sekitar kita? Semoga tujuan kita hidup cemaskan di dunia ini juga akan selalu mengantarkan kita untuk selalu dekat dengan Allah SWT.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: