Kisah di Balik Lagu Viral 'Eta Terangkanlah'

THIS ADS by GOOGLE
Media sosial tiba-tiba kehadiran hiburan baru. Frasa 'Eta Terangkanlah' kerap digunakan netizen atau warganet dalam berbagai unggahan.



Frasa itu berasal dari sebuah unggahan berbahasa Sunda yang sebenarnya menyanyikan lagu religi karya Opick, 'Khusnul Khatimah'.
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan CNNIndonesia.com, ketenaran 'Eta Terangkanlah' bermula dari sebuah unggahan di YouTube yang menggambarkan sosok pria tengah berjoget dengan latar lagu berbahasa Sunda yang menyanyikan lagu 'Khusnul Khatimah'.

Dalam video berjudul parodi Eta Terangkanlah itu, lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Sunda oleh sekitar tiga orang lelaki yang hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

Lihat juga:Basofi Meninggal, Jawa Timur Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Satu orang bertugas menyanyikan lagu, yang lain menciptakan musik hanya dengan suara mulut bak pukulan gendang, sedangkan sisanya berperan memberikan sorak sorai. Lagu itu dipadukan dengan video orang yang tengah berjoged.

"Hiji dua hiji dua tilu/ Eta terangkanlah, eta terangkanlah/ Eta jiwa yang berkabut/ Eta yang penuh dosa/ Ampunilah, ampunilah/ Ampunilah zikiri dosa mas Toko," lirik Eta Terangkanlah.
Video itu pertama kali diunggah ke YouTube oleh The Bokers Gaming pada 11 Juni 2017 dan kini sudah disaksikan lebih dari 1 juta kali.

Beragam komentar netizen mengiringi video tersebut, mulai dari menebak bahasa yang digunakan hingga menceritakan dampak viral dari lagu tersebut.

"Aku sudah nonton ini 1 bulan yang lalu dan dulunya sedikit viewsnya kira-kira 56.893 dan di bulan ini malah viral lagu eta terangkanlah," kata netizen And Esta yang dibuat pada Senin (7/8).

"Sekarang jadi viral di sekolah gue, semua di kelas langsung 'hiji dua hiji dua tilu eta terangkanlah eta terangkanlah' viral bener," kata akun Green Eco, yang dibuat pada Kamis (3/8).

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: