Apakah Benar Tubuh Manusia Tersusun dari Karbon? Simak Berikut Ini

THIS ADS by GOOGLE
Tidak ada manusia yag bisa bertahan tanpa adanya zat karbon di dalam tubuhnya.



Keanekaragaman dan kemampuannya membentuk polimer membuat karbon sebagai unsur dasar kimiawi kehidupan. Senyawa karbon kita dapatkan dari makanan.
Unsur yang biasa kita kenal sebagai Zat arang ini merupakan salah satu unsur non-logam yang mempunyai simbol “C”. Pada tabel periodik, karbon merupakan unsur golongan 14 dengan nomor atom 6.

Jika dilihat dari bentuk dan sifatnya yang beragam, karbon memiliki beberapa alotrop (perilaku yang diperlihatkan oleh beberapa unsur kimia) yaitu: berlian yang bersifat keras dan transparan; grafit (bahan dasar pensil) yang lunak dan bersifat konduktor dan yang terakhir, karbon amorf yang umumnya berwarna hitam. Semua bentuk alotropnya berbentuk padat pada kondisi normal.

Karbon dapat ditemukan di dalam batuan kapur, batu bara, tanah gambut, minyak bumi, dan karbon dioksida di udara, sebagai senyawa.
Kadalah unsur paling banyak ke-4 (setelah hidrogen, helium dan oksigen) di alam semsesta. Karbon merupakan elemen kedua yang paling banyak dalam tubuh manusia, dan merupakan elemen yang paling banyak ke-15 di kerak bumi.

“Karbon” adalah “CARBON” bila dalam bahasa Inggris. Bahasa tersebut berasal dari bahasa latin, yaitu “Carbo” yang artinya batubara. Unsur sebenarnya sudah ditemukan sejak jaman prasejarah berbentuk batubara, dan digunakan sebagai pewarna lukisan di dinding gua.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: