Ubah Rp 1.000 Jadi Rp 1, Ini Perintah Jokowi ke Sri Mulyani & Bos BI

THIS ADS by GOOGLE
Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan keterangannya usai bertemu dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Presiden Joko Widodo.



Pertemuan tersebut membahas redenominasi Rupiah atau mengubah Rp 1.000 jadi Rp 1 yang harus segera dibuat aturannya.
Perempuan yang akrab disapa Ani ini mengatakan bahwa Presiden telah menerima rincian terkait redenominasi.

“Tadi bapak Gubernur BI melaporkan kepada presiden mengenai suatu pemikiran redenominasi, kemudian apa itu konsekuensinya, bagaimana tahap-tahapnya bagaimana pengalaman negara-negara lain,” kata Ani, di gedung DPR, Selasa (25/7).

Ani menjelaskan, kondisi ekonomi Indonesia saat ini cukup stabil, maka redenominasi bisa dipikirkan atau dipertimbangkan kembali. Sebagaimana diketahui, pembahasan aturan redenominasi pernah ditolak 2013 silam.

“Presiden meminta supaya ini dibahas dulu secara detail dari sisi segala manfaatnya terutama dalam penjelasan ke masyarakat arti dari keputusan ini. Bagaimana menjelaskan kepada masyarakat banyak apa positifnya,” jelasnya.
Indonesia juga dinilai perlu melakukan studi banding terhadap negara-negara lain yang telah sukses melakukan redenominasi.

“Apa-apa yang bisa dibandingkan dengan negara lain. Mungkin yang paling terakhir dan paling dekat dengan Indonesia adalah Turki yang melakukannya. Bagaimana tahapan-tahapannya sehingga pada akhirnya itu bisa bermanfaat bagi perekonomian Indonesia terutama bagi masyarakat,” ungkapnya.

Ani berharap, isu redenominasi jangan sampai disalah artikan sehingga bisa menjadi persoalan yang tidak produktif.

“Jadi itu tadi adalah penyampaian Gubernur BI dan tadi Presiden meminta kepada saya untuk berkoordinasi dengan Gubernur BI untuk melihat proses (redenominasi) ini dan nanti akan disampaikan dalam sidang kabinet terbatas,” pungkasnya.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: