Tahukah Anda, Mengapa Surat At Taubah Tidak Diawali Dengan Bismillah. Inilah Penjelasannya…

THIS ADS by GOOGLE
Alquran seperti yang kita ketahui terdiri dari 114 surat yang ditata berdasar pada panjangnya. Nyaris semuanya surat dengan diawali lafal basmalah.



Namun, ada satu surat yg tidak dimulai basmalah. Surat itu yaitu Surat At Taubah.

Diambil dari konsultasisyariah. com, ada dua versus penjelasan kenapa Surat At Taubah tak dimulai basmalah.
Penjelasan pertama, ini adalah ijtihad teman dekat tentang urutan Alquran yang di ajarkan Rasulullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam. Beberapa teman dekat menyimpulkan dari Rasulullah, lalu jadi referensi dalam penulisan mushaf Utsmani.

Berkaitan hal semacam ini, Ibnu Abbas RA pernah ajukan pertanyaan pada Utsman bin Affan. ” Apa yang mengakibatkan Anda memposisikan surat Al Anfal disambung dengan surat At Taubah, sesaat Anda tak menuliskan kalimat basmalah diantara keduanya. Serta Anda tempatkan di tujuh deret surat yang panjang. Apa argumen Anda? ” bertanya Ibnu Abbas.

Utsman menjawab, ” Sepanjang masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperoleh wahyu, turun surat-surat yang ayatnya banyak. Saat turun pada beliau beberapa ayat, jadi beliau bakal memanggil teman dekat pencatat Alquran, lantas beliau perintahkan, ‘Letakkan ayat-ayat ini di surat ini. ‘ Saat turun ayat lain lagi, beliau

perintahkan, ‘Letakkan ayat ini di surat ini’. “
” Sesaat Surat Al Anfal termasuk juga surat yang pertama turun di Madinah. Sedang Surat At Taubah, turun diakhir saat. Walau sebenarnya isi At Taubah serupa dengan Surat Al Anfal. Hingga kami (beberapa teman dekat) mengira Surat At Taubah yaitu sisi dari Surat Al Anfal. Sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal dunia, beliau tak menerangkan pada kami, At Taubah itu sisi dari Al Anfal, ” kata Utsman meneruskan.

” Lantaran argumen ini, saya urutkan At Taubah sesudah Al Anfal, serta tak kami berikan pemisah dengan tulisan bismillahirrahmanirrahim, serta saya posisikan di tujuh surat yang panjang. ” (HR Ahmad, Turmudzi, Abu Daud, dihasankan Tumudzi serta Adz Dzahabi).

Penjelasan ke-2, lantaran beda arti pada basmalah dengan At Taubah. Basmalah melukiskan keamanan serta kasih sayang Allah, sesaat At Taubah mengatakan permusuhan Allah SWT serta Rasulullah SAW dengan kelompok musyrikin serta munafik.

Berkaitan hal semacam ini, Ibnu Abbas pernah ajukan pertanyaan pada Ali bin Abi Thalib. ” Kenapa Anda tak menulis ‘bismillahirrahmanirrahim’ dimuka surat At Taubah? ” kata Ibnu Abbas.

Ali menjawab, ” Lantaran bismillahirrahmanirrahim berisi damai, sesaat Surat At Taubah turun dengan membawa syariat perang, disana tak ada damai.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: