Viral! Nenek Penjaga Masjid Bikin Netizen Hingga Pecinta Kucing Mencarinya, Lihat yang Ia Lakukan

THIS ADS by GOOGLE
Foto seorang nenek-nenek ini menjadi viral setelah dibagikan seseorang di media sosial facebook.



Dalam foto yang diunggah di akun instagram @samhoed_ ini terlihat seorang nerang nenek berkerudung sedang duduk di pinggir jalan bersama empat kucing yang lahap menyantap makanan.

Tampak sekilas foto itu biasa saja.
Namun cerita yang dibagikan si pemilik akun tersebut membuat netizen menjadi haru.

Diceritakan bahwa nenek tersebut adalah penjaga masjid terminal Purabaya, Sidoarjo.

Diceritakannya, sudah sejak 10 tahun Si Mbah (begitu dia menyebutnya) tinggal di masjid.

“Ketika saya tanya apalah beliau menghidupi diri dengan berjualan atau apa, beliau bilang tidak. Sempat beliau menawarkan diri menjadi pembantu rumah tangga, tapi tidak ada yang sudi karena dianggap terlalu tua dan kurang tenaga. Akhirnya beliau ‘mengabdikan diri’ menjaga masjid ini, sambil merawat dan memberi makan kucing2 yang hidup di sekitarnya,” tulisnya.

Luar biasanya, Si Mbah rela mengeluarkan uang Rp 20 ribu per hari untuk membeli nasi bungkus lauk ikan untuk dimakan bersama kucing-kucing tersebut.
Begini tulisan lengkapnya:

Pemandangan paling menyejukkan hari ini dipersembahkan oleh Si Mbah penjaga masjid terminal Purabaya (Bungurasih), Sidoarjo ini.
.
Sambil mencampur nasi yang masih hangat mengepul dengan dua ekor ikan goreng yang dibelinya seharga sepuluh ribu rupiah – dan memarahi saya karena dianggap menghinanya soal nasi yang baru saja dibelinya, menegaskan bahwa nasi itu nyata2 hasil BELI, bukan meminta2- beliau bercerita.
.
Sudah sejak 10 tahun lalu beliau tinggal di masjid ini. Ketika saya tanya apalah beliau menghidupi diri dengan berjualan atau apa, beliau bilang tidak. Sempat beliau menawarkan diri menjadi pembantu rumah tangga, tapi tidak ada yang sudi karena dianggap terlalu tua dan kurang tenaga. Akhirnya beliau ‘mengabdikan diri’ menjaga masjid ini, sambil merawat dan memberi makan kucing2 yang hidup di sekitarnya.
.
Dua puluh ribu setiap hari beliau habiskan untuk membeli nasi bungkus dan lauk ikan, pagi dan sore, demi mereka. Angka segitu bagi kita mungkin tidak seberapa, namun bagi beliau, yang tidak jarang mengalah untuk tidak makan asalkan kucing2 ini kenyang, mungkin berbeda. Namun toh tidak ada keluhan keluar dari mulutnya. Bahkan pernah suatu ketika dia rela mengeluarkan lima puluh ribu rupiah untuk menebus ‘anak2nya’ yang sudah dikarungin siap buang ke petugas. Dan saya, hanya bisa mendengarkan ceritanya sambil mencoba menahan air mata. Merasa hina.
Bagi teman2 yang kebetulan singgah di terminal Purabaya (Bungurasih) Sidoarjo dan melihat Si Mbah ini, monggo jika berkenan turut berbagi rezeki. Mumpung bulan lagi baik2nya

Melihat postingan tersebut, netizen pun banyak yang menaruh simpati dan hormat.

Postingan itu pun banyak dikomentari netizen dan juga turut membagikannya sehingga menjadi viral.

Banyak yang memuji dan mendoakan Si Mbah.

@farizzmhmmd mulia banget hati si nenek…

agieziousAtulaaaah… cerita kamu bikin berkaca2 gini ih…

Bahkan sejumlah netizen dan pecinta kucing menanyakan keberadaannya, untuk memberikan bantuannya.

@nyaikenthir masjid sebelah mana ini? yg kedatangan?

@nvgraheni sama-sama ya, Mas. oh iya, kalau ada yg ingin berbagi rezeki, bisa lgsg datang ke terminal atau lwt perantara?

@g3thukLindri Bang, lokasi musholla nya yg sebelah mana ya? Ini ada komunitas pecinta kucing yg mau bantu.

Pertanyaan itupun dijawab di pemilik akun.

@samhoed_ @g3thukLindri alhamdulillah.. Ini masjid yg arah gerbang masuk bus, mbak. Terimakasih byk ya. GBU

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: