Sering salah kaprah, ternyata 3 hal ini tak bikin puasa batal

THIS ADS by GOOGLE
Ketika datangnya bulan ramadhan, artinya umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah wajib puasa.



Puasa sendiri berarti menahan diri dari makan, minum, berhubungan suami istri, dan dari setiap yang membatalkan puasa, dimulai dari terbit fajar kedua (Subuh) sampai terbenam matahari (Maghrib).
Seperti yang disebutkan sebelumnya, beberapa hal dapat membatalkan puasa, seperti makan dan minum, hubungan suami istri, menggunakan suntikan yang mengandung makanan, haid, dan lainnya. Namun, beberapa hal yang membatalkan tersebut, ternyata dapat dimaafkan dan tidak membatalkan puasa dalam kondisi tertentu. Namun, beberapa hal yang tampak dilarang, justru diperbolehkan saat menjalankan ibadah puasa. Apa saja? Yuk tengok di sini!

1. Mencium pasangan (suami/istri)
Tentu kamu sudah paham, jika aturan agama Islam memperbolehkan pasangan suami-istri berhubungan badan pada malam hari di bulan Ramadan. Lalu, bagaiamana dengan siang hari di bulan Ramadan?

Nah, jawabannya tentu saja tidak boleh alias haram. Namun, pasangan suami-istri yang ingin bermesraan dan mencium pasangannya saat sedang berpuasa, diperbolehkan alias tidak membatalkan puasa. Dengan catatan, pasangan tersebut mampu mengendalikan nafsu birahinya (tanpa jima’).

Diriwayatkan dari Aisyah RA, ia berkata:
“Rasulullah SAW pernah mencium dan mencumbu, ketika beliau tengah berpuasa, hanya saja beliau adalah orang yang paling kuat menahan hawa nafsu.”

2. Mencicipi makanan
Eits, tunggu dulu. Mencicipi makanan saat sedang berpuasa diperbolehkan, selama makanan tersebut tidak ditelan.

Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata:
“Tidak mengapa ketika seorang yang berpuasa mencicipi cuka atau apa saja, selama tidak masuk dalam tenggorokan”

3. Makan dan minum
Nah, hal yang satu ini boleh, selama kamu melakukannya karena lupa. Dengan kata lain, makan dan minum karena lupa tak membatalkan puasa.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa lupa bahwa ia sedang berpuasa sehingga ia makan dan minum, maka sempurnakanlah puasanya karena sesungguhnya Allah telah memberikan makan dan minum kepadanya.”

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: