Terkuak! Ini Alasan Kacang Hijau Selalu Tersedia di Posyandu

THIS ADS by GOOGLE
Kacang hijau adalah salah satu makanan yang sering disediakan di Posyandu.



Bahkan, hampir setiap kali Posyandu digelar makanan yang satu ini selalu tersaji bahkan diberikan sebagai bekal setelah balita diperiksa.

Biasanya, sejak bayi berusia enam bulan, petugas kesehatan akan memberikan bubur kacang hijau pada sang ibu agar disuapkan pada anaknya sembari menunggu giliran diperiksa.

Dibalik pemberian bubur kacang hijau ini ternyata ada alasan khusus kenapa makanan yang satu ini selalu ada di Posyandu. Dilansir okezone.com, berikut 4 alasan utamanya.
Sumber nutrisi untuk pertumbuhan

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin, mineral, dan protein yang dibutuhkan oleh balita untuk menunjung tumbuh kembangnya. Ketika bayi telah mengenal makanan selain ASI, kacang hijau merupakan pilihan terbaik untuk diberikan.

Mudah dicerna oleh balita

Tekstur bubur kacang hijau yang lembut bukan hanya mudah dikunyah ditelan oleh bayi, tapi juga dapat dengan mudah dicerna oleh usus bayi. Sehingga, makanan yang satu ini tak akan membuat si kecil terserang sembelit.

Mencegah penyakit hati

Penyakit hati tak hanya mengancam orang dewasa, tapi juga balita. Untuk itu, agar anak terlindung dari penyakit mematikan ini, ada baiknya jika dicegah dengan kacang hijau.

Merangsang sistem kekebalan tubuh

Di usia yang masih belia, bayi tentu sangat mudah terserang penyakit. Paparan bakteri dan virus dilingkungan dapat dengan mudah menyerang kesehatannya. Oleh karena itu, bayi harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Nah, salah satu caranya adalah memberikan kacang hijau sebagai makanan pengganti ASI (MPASI). Kacang hijau diketahui dapat menjadi stimulan yang baik untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

Selain keempat alasan diatas, alasan terakhir yang tak kalah penting adalah karena kacang hijau cukup murah dan mudah dapat di Indonesia. Sehingga, siapapun bisa memberikannya sebagai sumber nutrisi untuk balita. Sudah tahu kan, sekarang?

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: