Tax Amnesty Berakhir Dengan Hasil Tak Capai Target, Apa Kata Jokowi?

THIS ADS by GOOGLE
Program pengampunan pajak atau tax amnesty telah berakhir. Hasilnya terlihat bahwa masih berada di bawah target, terutama untuk repatriasi dan pembayaran uang tebusan yang masuk ke penerimaan negara.



Apa tanggapan Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan Jokowi telah mengetahui realisasi tax amnesty. Ia pun tetap memberikan apresiasi kepada para petugas pajak.

“Presiden memberikan apresiasi atas kerja Dirjen Pajak dan juga Kemenkeu yang bekerja luar biasa. Memang kalau diukur dari target tax amnesty belum semuanya tercapai dengan baik. Terutama yang berkaitan dengan repatriasi dan juga dana untuk yang harus dibayarkan tebusan yang harus dibayarkan kepada pemerintah,” ungkap Pramono di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/4/2017).
Pramono menuturkan, tax amnesty sejatinya bertujuan untuk memperluas basis data wajib pajak. Sehingga efeknya bersifat jangka panjang.

“Bagaimana orang bisa menyimpan hartanya selama ini tanpa diketahui pemerintah. Ini menunjukkan kerja yang luar biasa ini akan di-manage, diteruskan dan akan ada langkah-langkah berikutnya,” jelasnya.

“Yang jelas tax base yang sudah bagus ini akan terus digunakan supaya tidak terus berburu di kebun binatang sendiri. Karena jangan yang tertib dikejar-kejar dan yang tidak tertib berleha-leha,” tegas Pramono.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: