Kantuk Berat, Bolehkah Tidur Dulu Sebelum Sholat?

THIS ADS by GOOGLE
Rasa kantuk bisa datang tak mengenal waktu. Bahkan saat akan menunaikan sholat.



Kantuk tentu sangat menganggu aktivitas sholat. Salah satu dampaknya, bacaan sholat menjadi berantakan.

Menghadapi situasi semacam ini, bagaimana yang seharusnya dilakukan? Bolehkah tidur lebih dulu sebelum melaksanakan sholat?
Dikutip dari laman Nahdlatul Ulama, Imam Bukhari meriwayatkan hadis tentang situasi semacam ini. Hadis itu menjelaskan Aisyah RA pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Seandainya salah seorang di antara kalian didera oleh rasa kantuk, sementara ia hendak melaksanakan sholat, maka sebaiknya ia tidur terlebih dahulu hingga rasa kantuknya hilang, karena ketika seseorang sholat dalam kondisi mengantuk, bisa jadi ia tidak sadar ketika berdoa, (sehingga dikhawatirkan) malahan mencela dirinya sendiri."

Imam Muslim meriwayatkan hadis serupa, bersumber dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, " Apabila salah seorang di antara kalian shalat malam, lalu bacaan Al-Qur’annya menjadi tidak karu-karuan (lantaran mengantuk), maka hendaklah ia tidur terlebih dahulu!"

Imam Nawawi dalam kitab Syarah Muslim memberikan penjelasan terkait dua hadis di atas.

" Sabda Rasul SAW di atas mengandung anjuran untuk melakukan sholat dengan khusyuk, sepenuh hati dan perhatian. Selain itu, hadis tersebut juga mengandung anjuran bagi orang yang mengantuk untuk tidur terlebih dahulu atau melakukan hal-hal yang bisa menghilangkan rasa kantuknya. Anjuran ini berlaku umum, baik untuk sholat fardu maupun sunat, baik sholat di malam atau di siang hari. Ini pendapat mazhab kami (Mazhab Syafi’i) dan mayoritas ulama, dengan catatan sholat tetap dilakukan di dalam waktunya."

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: