Pikir Ulang untuk Letakkan Smartphone di Dekat Kepala Saat Tidur!

THIS ADS by GOOGLE
Mungkin ada kita sebagai pengguna smartphone mengikuti himbauan para pakar yang menganjurkan untuk tidak meletakkan smartphone di dekat kepala saat kita tidur.



Hal ini dikarenakan banyaknya kejadian atau laporan yang mengabarkan bahwa ada seorang pengguna smartphone yang terkena imbas dari meledaknya Samsung Galaxy Note 4 miliknya yang meledak pada saat malam hari di dekat kepalanya.

Dalam kejadian yang terjadi di Guinzhou, Cina bagian barat daya tersebut, seorang gadis kecil berusia 5 tahun harus dilarikan ke rumah sakit karena Galaxy Note 4 yang di-charge di dekat kepalanya meledak dan membakar wajahnya, rambut dan tangannya.

Dikarenakan hal itu, gadis tersebut tidak dapat makan, bicara atau tidur akibat rasa kesakitan akibat luka bakar. Bahkan diperkirakan bekas luka akibat kejadian tersebut bersifat permanen.

Ayah gadis malang tersebut, Feng Lingling, mengatakan bahwa perangkat mobile yang dimilikinya itu dibelinya pada bulan Agustus tahun lalu di Puding Country, di dekat tempat keluarganya yang tinggal di Anshun seharga CNY 2.699 atau sekitar USD 390.
Pada saat membelinya, sang penjual telah menjelaskan bahwa perangkat itu asli. Namun, setelah insiden terjadi, pihak yang berwenang melakukan penelitian ke perangkat yang dimaksud dan diketahui bahwa baterai di dalam Galaxy Note 4 yang dibeli Feng adalah palsu.

Seperti yang diwartakan Mashable.com (14/3/2017), perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut menyatakan bahwa turut prihatin atas kejadian yang menimpa putri dari Feng. Samsung juga telah melakukan komunikasi dengan Feng untuk mengetahui sebab dari masalah tersebut.

Hal ini menjadi satu rentetan insiden perangkat mobile meledak yang seakan tak terputus, seperti salah satunya yang terjadi di akhir tahun 2016 lalu. Ada sebuah Samsung Galaxy Note 7 meledak yang dicurigai karena komponen di dalam baterainya. Terkait dengan hal tersebut, sampai tahun 2017, Samsung belum memberikan klarifikasi kenapa produknya itu meledak.

Dari serangkaian insiden tersebut, maka dapat diambil pelajaran bahwa sebelum Anda membeli barang elektronik termasuk perangkat mobile, ada baiknya untuk perhatikan benar-benar keaslian dan kualitas produk yang bersangkutan. Walaupun Anda membelinya di tempat yang Anda terpercaya, namun tetap periksa kembali agar kejadian serupa tidak terulang.

Terlebih lagi, disarankan untuk tidak sekali-kali melakukan pengisan daya dengan posisi perangkat tetap Anda gunakan atau juga melakukan charging dan meletakkannya di dekat Anda saat tidur, baik perangkat sudah dalam keadaan mati atau masih menyala.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: