Palangkaraya Cocok Menggantikan Jakarta Sebagai Ibu Kota, Ini Alasannya

THIS ADS by GOOGLE
Menurut Presiden Jokowi, Ibu kota Tanah air kita ini erlu diganti lokasinya. Saat ini Jakarta masih menjadi Ibu kota Indonesia, lalu apabila diganti kota apa ya yang paling cocok?



Banyak yang beranggapan jika Palangka Raya sangat cocok untuk gantikan Jakarta sebagai Ibu kota Indonesia. Hal ini karena kota yang berada di provinsi Kalimantan tengah itu memiliki banyak keunggulan.

Dikutip dari jawapos, Di Palangka Raya, negara bisa sepenuhnya hadir untuk menjadikan pilot project tata ruang yang berkeindonesiaan. Dari aspek geografis, Palangka Raya juga merupakan hamparan datar.

“Tuangkan ide, cita dan gagasan dalam membangun ruang daratan, bawah tanah, maupun udara yang akan menjadi blue print sekaligus contoh tata ruang Indonesia,” ujar Arteria.

Di samping itu, lanjut dia, Kota Palangka Raya berada di Pulau Tua yang tidak terkena ring of fire, tidak memiliki gunung api aktif, dan bukan daerah gempa. Sehingga, dapat dikatakan kota tersebut miskin ancaman kebencanaan, termasuk juga pengaruh kenaikan muka air laut, akibat pemanasan global.
“Berbeda dengan Jakarta, sebaik apapun kita mengelola Jakarta, siapapun gubernurnya, akan menghadapi fenomena alam yang maha dahsyat,” tutur dia.

Menurut dia, ideal dan bagus sekali untuk menjadi buffer atau benteng pertahanan. Nah, dari aspek Nawacita yakni dengan membangun Indonesia dari pinggiran, Palangka Raya sangat cocok sekali untuk membumikan cita-cita pemerintahan Jokowi itu.

Kata Arteria, lokasi daerah itu dekat dengan wilayah perbatasan darat Indonesia-Malaysia. Sehingga, dapat menjadikan program pengembangan wilayah perbatasan menjadi optimal. Arteria yakin apabila ibukota pindah ke Palangka Raya, seluruh garis batas dan titik terluar wilayah Indonesia akan menjadi etalase dan serambi muka sehingga tidak hanya entikong, semua titik akan menjadi pos lintas batas negara. Sekaligus membuktikan bahwa Indonesia lebih hebat dari Malaysia.

“Pastinya juga akan mengurangi tingkat kejahatan wilayah perbatasan seperti penyelundupan, perdagangan narkotika, illegal logging, illegal fishing, perdagangan manusia, terorism dan lainnya,” ujar dia.

Dari aspek ketersediaan lahan, Palangka Raya memiliki tanah yang luas. Luas Palangka Raya yakni 1.678,51 km2, lebih dari empat kali lipat luas Jakarta yang hanya 661,52 km2. Antisipasi perkembangan sekalipun sangat ideal di mana Palangka Raya berada di provinsi Kalimantan Tengah yang luas provinsinya dua kali luas Pulau Jawa. “Jadi sangat ideal kan, apalagi jumlah penduduknya relatif sedikit,” ucap Arteria. Bagaimana menurutmu? Setujukah kamu jika hal ini terjadi? Atau kamu punya pilihan yang lainnya?

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: