Kontroversi: Inilah Identitas Sosok DJ Bercadar Asal Solo yang Bikin Gempar Publik

THIS ADS by GOOGLE
Profesi DJ sudah biasa dipandang sebelah mata karena sering dihubung-hubungkan dengan dunia malam.



Namun belakangan ini publik dihebohkan dengan beredarnya video aksi seorang Disc Jockey (DJ) yang lain dari biasanya. Video bertajuk DJ Bercadar/DJ Sayriah – Keren atau Miris? Lagi Viral, yang diunggah Youtube Trends Indonesia, Jumat (17/3/2017). Video tersebut menampilkan sosok wanita bercadar yang tengah sibuk mengutak-atik mixer untuk menyuguhkan suara musik yang merdu.

Profesi yang akrab dengan dunia hiburan malam ini biasanya dilakoni oleh pria atau wanita cantik nan seksi. Tapi, bagaimana jika profesi ini dilakukan oleh wanita muslimah yang bercadar? Ya DJ bercadar ini menjadi kontroversi yang hangat dibicarakan. Sebagian netizen merasa profesi disjoki tidak pantas dilakukan oleh wanita muslim, apalagi bercadarbercadar. Meski menuai banyak cibiran, tak sedikit pula yang melontarkan pujian.

“Niatnya apa tuh cwe kira2, bercadar tapi joget dugem gitu, yg pantes duduk di majelis neng. Malu nh yg bener2 cadaran,” tulis Hasyim Asbullah.

“Niat biar dapat pujian eh malah di-bully, kasian wkwkwk,” sambung Danivu Stress.

“Salahnya dia di mana ya mas mbak? Cuma dj dia ga goyang ato apalah yang merusak citra islam. Kenapa kalian malah mencaci dia? Lalu gimana pendapat kalian tentang biduan yang pake hijab terus goyang?” timpal Stefan Maulana.

Lalu sebenarnya siapakah sosok di balik cadar tersebut? Dikutip Radarislam.com dari laman Solopos.com, Jumat (24/3/2017), wanita cantik yang tampil dalam video bernama Ariska Wigatiningtyas atau yang akrab disapa DJ Chika Riska. Nama panggung itu sengaja dipilih berdasarkan nama panggilannya semasa mengenyam pendidikan di bangku sekolah menengah atas (SMA).
Wanita kelahiran Palembang, 3 Oktober 1996 itu kini mengenyam pendidikan di jurusan farmasi Universitas Setia Budi, Solo, Jawa Tengah. Chika menggeluti profesi DJ sejak awal 2016, setelah diajak oleh seorang temannya. Guna mengembangkan kemampuannya, ia pun sampai mengikuti kelas khusus music and audio production di Rudi’s Studio Rock (ADSOR) Solo.

Sampai saat ini, ia telah telah mengisi sejumlah acara bergengsi seperti yang kerap diadakan di sejumlah mal di Kota Solo dan Jogja. Ia juga kerap diundang untuk memeriahkan acara di beberapa sekolah. Berbeda dengan sejumlah DJ lainnya, Chika membatasi diri untuk tidak tampil di klub hiburan malam. Ia hanya menerima pekerjaan untuk acara outdoor. Hal itu dilakukan lantaran tidak ingin melanggar larangan orang tuanya.



“Sebenarnya masalah ini sudah viral dua bulan yang lalu, pada bulan Januari. Saya sudah klarifikasi melalui instagram saya dan setelah itu sudah mereda. Tapi saya gak tau kenapa ini viral lagi,” ungkapnya menanggapi kontroversi tersebut.

DJ berusia 20 tahun ini juga mengaku saat itu sedang nge-DJ di sebuah acara musik tahun baru di Yogyakarta. Videonya yang viral tersebut merupakan penampilannya saat manggung di Yogyakarta saat acara tahun baru 2017 di Loop Station.

Dia juga mengaku tampil dengan bercadar hanya dua kali, pertama saat manggung di acara di Colomadu Solo dan kedua di acara tahun baru di Loop Station, Yogyakarta.

“Sebenarnya saya memakai cadar baru dua kali, yang pertama acara DIKA di pabrik gula Colomadu, Solo, saat itu saya mengambil tema Arabic Indian, yang kedua yang di Jogja, acara tahun baru Loop Station,” tutur DJ Chika.

Acara tersebut merupakan acara yang digelar oleh Badan Kreatif Indonesia. Menurutnya acara tersebut juga merupakan acara yang hanya menampilkan karya seni dan memang bertema Arabic Indian. Meski dirinya berhijab dan terkadang bercadar, dirinya mengaku respon masyarakat positif saat dirinya bermain.

“Namanya penikmat musik kan yan beda-beda seleranya. Respon masyarakat pun beda- beda. Tapi kebanyakan responnya positif,” ungkap perempuan pecinta musik ini.

Gadis ini kadang juga mempertanyakan pandangan masyarakat yang mempermasalahkan DJ berhijab.

“Dengan berhijab kan gak jadi masalah, dibandingkan dengan DJ seksi, pakaian saya formal, panjang dan tertutup,” imbuhnya.

Menurutnya hijab bukanlah penghalang dirinya untuk bermain musik.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: