Jokowi: Waktu Muda Saya Suka Metallica, tapi Sekarang…

THIS ADS by GOOGLE
Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu mengerjakan sebuah segmen yang bertajuk Jokowi Menjawab. Beberapa waktu lalu Jokowi memang membuka pertanyaan lewat kiriman video kepada anak muda dengan hastag #JokowiMenjawab.



Dalam episode pertama ini, Jokowi menjawab pertanyaan anak muda yang kebanyakan bertanya soal musik. Dalam video yang dibagikan Jokowi lewat YouTube, ada seorang anak berusia 13 tahun, Laras Kinanti, yang bertanya kepadanya soal kurangnya musik untuk anak-anak.

Dalam jawabannya, Jokowi pun mengakui kurangnya lagu-lagu anak dan perjuangan saat ini.

“Kita harus ngomong apa adanya, sekarang kita kekurangan lagu anak-anak,” ujar Jokowi dalam video berdurasi 7 menit 54 detik itu, Senin (27/3/2017).

Namun, kata Jokowi, dengan adanya kekurangan ini justru memberikan peluang besar dalam industri kreatif untuk yang memiliki bakat membuat lagu anak-anak dan perjuangan.

“Saya senang sekali membuat lagu anak-anak mengenai kebinekaan Indonesia, keindahan gunung-gunung kita, keindahan laut kita, menceritakan kekayaan alam kita,” kata dia.

Jokowi juga menegaskan peluang di industri kreatif masih sangat besar. Bukan hanya lagu, kata Jokowi, industri kreatif juga meliputi pembuatan video, fashion, animasi, desain produk dan lainnya. Hal inilah yang menjadi peluang bagi para anak muda.
“Indonesia memiliki peluang lima tahun ke depan itu 130 miliar USD, besar sekali. Ini peluang yang bisa dimasuki anak muda. Tetapi ini bisa dikerjakan dengan kolaborasi. Saya yakin industri kreatif bisa bersaing dengan industri kreatif negara-negara lain,” ujar Jokowi.

Selain itu, ada pula seorang anak berusia 14 tahun yang bertanya tentang lagu favorit Jokowi. “Katanya Bapak suka Metallica, lagu favorit apa?” tanya Evan.

Menjawab pertanyaan itu, Jokowi mengaku dulu ketika masih muda dirinya senang dengan lagu-lagu Metallica, Nazareth, Scorpion, Guns N’ Roses, Lamb of God dan lainnya.

“Tapi sekarang ini saya senengnya dalam negeri Slank, kemudian Burgerkill itu liriknya memberikan semangat, optimisme, dorongan-dorongan kita untuk maju,” ujar dia.

Lirik soal semangat dan optimisme itulah yang dia suka. “Bukan soal musik kerasnya, namun soal pesan-pesan moralnya, cinta lingkungan hal yang itu yang saya suka,” ucap Jokowi.

Jokowi juga menjawab pertanyaan tentang grup band dan politik. Jika Jokowi menjadi anggota grup band, kata dia, dirinya menyukai jadi drummer.

“Soalnya kalau saya denger musik metalnya saya paling senang dengar musik drumnya, kalau sudah duk jeduk jekduk duruduk jekduk wah itu sudah memberikan semangat kita untuk bekerja, belajar,” ucap dia.

Namun, kata dia, jika seseorang sudah menjadi rocker bukan berarti tidak bisa menjadi politikus.

“Semua orang bisa terpanggil masuk politik. Tapi bahwa berpolitik itu dalam rangka bekerja untuk mengabdi, bukan yang lain-lain. Jadi jika bekerja di bidang politik ya harusnya adalah orang-orang yang punya mimpi ke depan, visi ke depan yang bisa membawa kotanya, atau provinsinya, atau negaranya, sehingga bisa membawa rakyatnya lebih baik,” pungkas Jokowi.

Sampai berita ini diturunkan, video Jokowi menjawab ini sudah dilihat oleh 17.927 kali dan disukai 2.550 netizen.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: