Fakta Kekayaan Raja Salman yang Bikin Kamu Terkaget-kaget

THIS ADS by GOOGLE
Raja Salman bin Abdulaziz bukanlah pemimpin pertama yang pernah datang ke Indonesia.



Namun kedatangannya mengundang banyak pembicaraan di media massa dan media sosial. Ini disebabkan sudah lama sekali Raja Arab Saudi tidak berkunjung kemari. Selain itu juga karena persiapan penyambutannya yang jauh lebih mewah dibandingkan penyambutan kepala negara lain. Salah satu persiapan yang paling menghebohkan adalah eskalator khusus yang dikirim dari Arab Saudi untuk membantu Raja Salman turun dari pesawat.

Selain eskalator khusus, masyarakat juga dihebohkan dengan jumlah rombongan Raja Salman yang mencapai 1.500 orang. Tentu tidak mudah mengkoordinir orang sebanyak itu. Biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Diperkirakan, kunjungan ini menghabiskan biaya puluhan milyar. Untuk tiket pesawat saja mereka sudah mengeluarkan kocek 20 milyar. Belum lagi ditambahkan dengan dengan sewa kamar hotel dan transportasi darat yang juga serba mewah.
Arab Saudi menduduki peringkat ke-14 negara terkaya di dunia. Bagaimana rakyatnya menghabiskan uang saja sudah bikin geleng kepala. Tidak mengherankan jika rajanya memiliki harta yang berlimpah dan terbiasa dengan pelayanan mewah. Tapi dengan kemewahan yang agak berlebihan ini, kita jadi bertanya-tanya. Sebenarnya, berapa sih jumlah kekayaan Raja Salman?

Memiliki Aset Ratusan Triliun
Jika kamu masih sering terkaget-kaget melihat kekayaan seseorang yang mencapai angka satu triliun saja, maka kamu harus bersiap-siap pingsan saat mengetahui jumlah kekayaan Raja Salman. Menurut laporan di tahun 2016, jumlah aset Raja yang berumur 81 tahun ini adalah 18 milyar dollar atau 240 triliun Rupiah! Jumlah ini mencapai 3,5 kali lipat total APBD Jakarta. Dengan uang sebanyak itu, kita bisa membeli 60.000 mobil Lamborghini atau membagi-bagikan 2 gram emas ke seluruh penduduk Indonesia.

Baru saja kita berandai-andai Raja Salman membagi-bagikan emas ke seluruh penduduk Indonesia. Ternyata, beliau sudah melakukannya saat baru diresmikan menjadi raja di tahun 2015 silam. Sesuai tradisi, raja baru diwajibkan membagikan sebagian hartanya ke seluruh penduduk Arab Saudi. Setiap penduduk mendapatkan uang tunai sebesar 62 juta rupiah secara cuma-cuma saja. Kapan ya Indonesia memiliki pemimpin yang sanggup membagikan uang ke rakyatnya secara cuma-cuma?
Setiap raja pastilah memiliki kekayaan yang lebih tinggi daripada rakyatnya. Tapi jika disandingkan dengan kepala negara lain, beberapa masuk kategori kaya, beberapa lagi masuk kategori miskin. Memang belum ada daftar resmi yang menunjukkan peringkat kekayaan Raja Salman jika dibandingkan dengan raja-raja lainnya. Namun jika menilik daftar yang dirilis Forbes pada tahun 2011, kita bisa melihat mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz menduduki peringkat ke-3 dengan kekayaan 18 milyar dollar. Jumlah yang sama dengan kekayaan Raja Salman saat ini. Sehingga bisa kita asumsikan Raja Salman termasuk salah satu dari kepala negara terkaya di dunia.
Dengan kekayaan sebesar itu, tak heran jika Raja Salman mampu memberangkatkan 1.500 orang ke Bali untuk rekreasi dengan segala fasilitas mewahnya. Bagi beliau, mungkin biaya untuk itu tidak ada apa-apanya. Kalau dianalogikan sang raja seperti kita, baginya biaya segitu sama seperti sekedar beli tiket bioskop. Nggak ada apa-apanya.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: