Benarkah Video Ini Buktikan Hingga Saat Ini Masih Ada Suku Purba Yang Hidup di Aceh?

THIS ADS by GOOGLE
Baru-baru ini, seseorang membagikan video motovlognya di halaman Youtube, dan video tersebut berhasil mengejutkan banyak orang.



Pasalnya, dalam video yang diunggahnya sempat terlihat sosok misterius yang diduga merupakan mahluk purba yang keberadaannya sudah dianggap menjadi mitos.

Seperti dilansir dari Detikcom, pada video berdurasi kurang dari dua menit tersebut, terlihat momen ketika beberapa pembalap motor trail melintasi sebuah daerah di pedalaman Aceh. Secara tidak terduga, ketika santai mengendai motor, tiba-iba salah satu pembalap motortrail terjatuh setelah melihat sosok manusia t**********g bulat berlari di depannya.

Melihat sosok itu berlari, pembawa kamera pun berinisiatif untuk mengejar sosok tersebut. Sayangnya, sosok itu pada akhirnya menghilang di balik rimbunnya semak.

Dalam kolom komentar akun Youtube Fredography, kuat dugaan sosok yang terekam dalam video itu adalah anggota Suku Mante, sebuah suku purba yang sudah lama tinggal mendiami wilayah Aceh.

“Ini bukan hantu. Ini namanya orang Mante, suku purba yang sudah lama dianggap punah. Mereka sejenis makhluk kecil purba yang tergolong Melayu Tua / Proto Malayan, sampai saat ini masih dianggap mitos karena belum pernah bisa dibuktikan dan ditangkap. Hidupnya di pedalaman rimba Aceh dan cuma ada di Aceh pedalaman. Saya baru percaya setelah lihat ini,” tulis pemilik akun Cut Loucia.
Sementara, misteri terus masih menyelimuti perihal kemunculan mahkhluk kecil lincah yang muncul di belantara Aceh. Dugaan bahwa sosok itu merupakan suku kuno dari Aceh, Suku Mante, juga diperkuat oleh Kabid Humas Polda Aceh Kombes Gunawan, yang memiliki pendapat senada.



“Saya sudah lihat videonya. Manusia itu ya. Bisa jadi memang itu suku dalam yang masih primitif. Bisa jadi Suku Mante itu,” kata Gunawan dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (26/3/2017).

Namun itu baru dugaan sangat awal. Gunawan mengatakan, perlu diketahui lokasi persisnya untuk dilakukan penelaahan yang lebih mendalam.

“Menarik ini, apakah ini merupakan yang sudah punah itu, atau apakah memang asli Aceh,” ujar Gunawan.

Literasi dan dokumentasi mengenai Suku Mante terbilang tak cukup banyak. Suku ini disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh.

Peneliti Snouck Hurgronje dalam bukunya ‘De Atjehers’ menyebutkan suku ini masuk dalam etnis Melayu Proto. Ukuran tubuhnya sama seperti manusia Melayu pada umumnya. Suku ini disebutkan selalu berada di pedalaman hutan.

Kesaksian warga mengenai eksistensi Suku Mante ini kadang salah. Ada yang mengira jejak Suku Mante itu dengan Orang Pendek, spesies misterius yang diyakini ada di belantara bumi Sumatera.

Dari ciri-cirinya, Orang Pendek tersebut mirip dengan apa sosok yang muncul di hutan Aceh. Debbie Martyr, seorang peneliti yang meneliti Orang Pendek selama 15 tahun menjelaskan ciri-ciri Orang Pendek ini memiliki tinggi tak lebih dari 90 Cm. Tubuhnya umumnya berwana-warna abu-abu dengan selimut bulu. Ada pula yang berwana kecokelatan.

Video penampakan dugaan manusia purba:

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: