Baca Dulu Untuk Jaga-Jaga! Begini Cara Aman Mengeluarkan Semut Yang Masuk ke Telinga

THIS ADS by GOOGLE
Semut bisa masuk ke telinga manusia kapan saja, apalagi jika kasur atau bantal yang kita gunakan kurang terjaga kebersihannya, maka bisa dipastikan akan banyak serangga yang berada di sana.



Bagi anda yang pernah kemasukan semut di telinga tentu tahu bagaimana sakitnya jika semut itu menggigit bagian dalam telinga anda. Jangankan menggigit, bergerak-gerak dalam telinga saja sudah cukup membuat kita kesakitan.

Lantas apa yang harus kita lakukan jika tanpa disadari ada seekor semut yang berhasil masuk ke dalam liang telinga kita?

Memasukkan air ke dalam telinga dengan harapan semut akan keluar adalah tindakan salah. Semut bisa bertahan hidup dalam air dan bahayanya jika merasa terancam semut akan menggigit bagian dalam telinga.

Sebetulnya, tanpa dikeluarkan pun semut akan mati dengan sendirinya di dalam telinga jika semut nakal itu memakan kotoran telinga kita. Inilah salah satu manfaat dari kotoran telinga yang rajin kita bersihkan.

Meskipun demikian jika anda tidak bisa tahan dengan sakitnya digigit semut di dalam telinga, berikut ini cara mudah mengeluarkan si semut dari telinga anda, hidup atau mati dikutip dari muslimina.info.
Miringkan kepala dengan posisi telinga yang kemasukan semut berada di posisi atas. Jangan khawatir semut tidak akan semakin masuk ke dalam.
Masukkan sedikit baby oil atau minyak zaitun ke dalam telinga anda. Kemudian tarik-tarik daun telinga anda agar gelembung udara dalam telinga menghilang.
Biarkan baby oil tersebut di dalam telinga selama dua menit agar semut yang berada di dalam telinga anda tenggelam dan lengket.
Masukkan air hangat (jangan air panas sebab bisa merusak gendang telinga) ke dalam telinga anda. Diamkan sejenak lalu miringkan kepala anda menghadap ke bawah dengan posisi telinga yang bermasalah berada di posisi bawah.
Semut akan keluar bersama dengan air hangat dan baby oil tadi.

Jika anda merasa semut masih ada di dalam telinga, maka langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi dokter THT. Dokter akan membantu anda mengeluarkan semut itu dengan lebih aman.

Demikian tips singkat cara mengeluarkan semut dari dalam telinga. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan like dan sebarkan ke teman anda yang lain.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: