Anak Berusia 4 Tahun Ini Gunakan “Siri” di iPhone untuk Selamatkan Ibunya yang Tak Bernafas

THIS ADS by GOOGLE
Saat Anda menemukan ibu anda yang tidak sadarkan diri, kira-kira apa yang akan anda lakukan?



Sebagai orang dewasa yang memang sudah paham, pasti Anda akan meminta bantuan, entah itu ke tetangga, menelepon polisi, dan lain-lain. Tapi, bagaimanakah jika posisi Anda sebagai anak berusia 4 tahun yang masih belum mengerti apa-apa?

Hal itu seperti yang dialami oleh seorang anak berusia 4 tahun bernama Roman ini. Pada tanggal 7 Maret 2017 lalu, dia mendapati ibunya sedang tergeletak di lantai tak sadarkan diri. Anak ini tinggal di rumahnya di Croydon, London, Inggris bersama saudara kembarnya dan adiknya. Anak itu menyadari kalau dia butuh bantuan. Tapi karena usianya masih terlalu kecil, maka dia bingung harus bagaimana?

Uniknya, ada satu hal yang dapat diacungi jempol, yaitu ketika mendapati ibunya dalam keadaan seperti itu, Roman menggunakan fitur asisten pribadi, Siri, untuk menghubungi layanan darurat di nomor 999. Nomor satu ini merupakan layanan darurat di Inggris.
“Anak itu menggunakan smartphone ibunya untuk menghubungi polisi. Dia berhasil membuka kunci dengan menekan ibu jarinya di telepon dan kemudian menggunakan fungsi Siri pada iPhone untuk meminta bantuan dan memutar 999 untuk menempatkan dia melalui layanan darurat,” kata polisi, seperti yang dikutip dari Cnet.com (24/3/2017).

Saat sudah terhubung dengan operator layanan darurat, pihak polisi langsung meminta Roman menjelaskan bagaimana kondisi ibunya. Roman mengatakan bahwa ibunya mati karena menutup mata dan tidak bernafas.

Petugas operator kemudian berhasil meminta Roman untuk memberitahukan alamat rumahnya. Polisi dan paramedis tiba di rumah Roman 13 menit kemudian. Mereka mulai melakukan pertolongan pertama. Sesaat kemudian, ibunya mulai siuman sebelum dibawa ke rumah sakit.

Kejadian ini membuat CEO Apple, Tim Cook, menge-tweet tentang kekagumannya terhadap Roman. Pelajaran yang didapat adalah bahwa Anda layak mengajarkan kepada anak-anak Anda tentang apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: