Spesies Baru! Hewan Ini Bisa Menelanjangi Dirinya Sendiri Saat Terancam

THIS ADS by GOOGLE
Baru-baru ini dunia penelitian tentang hewan dihebohkan dengan spesies baru yang mirip dengan tokek, berhasil diidentifikasi oleh para ilmuan.



Nama tokek spesies terbaru ini adalah Geckolepis megalepsis. Lain dari tokek biasanya, spesies baru ini memiliki sisik yang tebal dan berukuran cukup besar. Bahkan, karena ukurannya yang besar, terlihat seperti lempengan tulang yang menempel di kulitnya.

Uniknya, sisik-sisik tebal ini akan rontok saat dirinya merasa terancam dari marabahaya. Namun, tenang saja, sisik ini akan pulih dalam waktu yang cukup singkat, dalam beberapa minggu saja. Mekanisme pertahanan dengan merontokkan sisik yang sangat canggih.
Mekanisme pertahanan diri ini menyerupai kadal dan cicak yang memutuskan ekornya saat dalam bahaya untuk mengecoh musuh yang disebut juga dengan autotomi.

“Kulit mereka memiliki siklus regenerasi yang luar biasa cepat,” papar Mark Scherz dari Ludwig Maximillian University of Munich, dilansir di nationalgeographic.co.id

G. megalepsis merupaan spesies tokek asal Madagaskar yang memiliki ukuran tubuh mencapai 7 cm, dari moncong sampai ujung ekornya. Meski sudah ditemukan sejak tahun 1990-an, namun baru kali ini bisa diidentifikasi. Butuh waktu yang cukup lama untuk proses identifikasi.

Para ahli dalam dunia herpetology sering kali kesulitan dalam mengidentifikasi dan membedakan spesies G. megalepsis dari kerabatnya. Hal ini dikarenakan harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh mengenai jumlah dan pola sisik yang merupakan ciri utamanya.


Tantangan lainnya, sangat sulit menangkap hewan tersebut dan membuat sisiknya rontok. Tidak hanya itu saja tantangan juga datang dari kelihaian hewan ini melakukan penyamaran dan bertingkah laku yang cukup misterius. Hal ini juga yang membuat proses identifikasi jadi lama.

“Saya sendiri hanya pernah sekali menangkap salah satu tokek bersisik dan hanya kehilangan beberapa sisiknya,” papar Schrez.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: