Jatuh ke Kandang Singa, Pria Ini Malah Terlihat Tenang. Lihat Videonya

THIS ADS by GOOGLE
Saat berhadapan dengan bahaya, manusia akan cenderung bersikap panik, gegabah dan tidak bisa berpikir jernih. Padahal, kepanikan justru menambah resiko bahaya itu sendiri.



Contoh, jika terjebak di dalam lift, kepanikan akan membuat Anda lebih banyak menghirup oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida. Sebagai imbasnya, Anda akan lebih cepat lemas.

Tak jauh berbeda ketika Anda tak bisa berenang tapi malah tercebur dalam air. Kepanikan hanya akan membuat Anda lebih cepat tenggelam dan susah diselamatkan. Jika ini yang menimpa Anda, disarankan untuk go with the flow alias tetap tenang mengikuti arus.

Bersikap tetap tenang dan hindari kepanikan sejatinya merupakan standar keselamatan pertama yang wajib dilakukan saat menghadapi bahaya apapun. Ketenangan, pasalnya, diperlukan agar otak rasio Anda, yang berguna untuk mencari dan menemukan solusi atasi bahaya, tetap dapat diakses dengan mudah.
Disadur kembali dari laporan Liputan 6, dikisahkan seorang pria Taiwan jatuh ke kandang singa saat berkunjung ke kebun binatang. Namun kerennya, walau ada dua ekor singa dewasa berada di hadapannya, pria itu tetap tenang.

Bahkan meski pun salah seekor singa jantan itu berhasil mengoyak jas yang menjadi satu-satunya perlindungan, pria itu mencoba tetap tenang. Ia tidak memilih lari dan memunggungi singa. Perhatikan di sini, sikap itu hanya akan membuat pria tersebut menjadi mangsa. Sedangkan dalam menghadapi predator, bersikap seperti mangsa hanya akan mempercepat kematian Anda.

Oleh sebab itu, pria Taiwan tersebut berusaha dengan tenang membuat gerakan-gerakan seperlunya untuk mengusir singa saat mendekat, meski ia sempat merasa kesakitan saat singa jantan berhasil menggigit kaki kanannya.

Yang mengagumkan, saat posisi pria itu benar-benar tersudutkan, ia tetap tidak kehilangan ketenangannya. Pria itu justru berdiri dan terus menatap mata singa (untuk menunjukkan siapa yang lebih berkuasa). Ia juga mengangkat kedua tangannya seperti sedang berdoa.

Gelagat itu menyiratkan bahwa ia ingin terlihat lebih jantan di hadapan singa. Seraya menunggu tim penyelamat datang, pria itu tetap menunjukkan ketenangan.

Sang pria pun akhirnya berhasil diselamatkan. Tim penyelamat terpaksa membius singa itu saking semakin agresif. Para penyelamat juga tampak menyemprotkan water canon untuk mengusir kedua singa.
Aksi pria yang tetap tenang itu direkam oleh salah satu pengunjung, lalu diunggah di media sosial Facebook oleh akun Christovita Wiloto. Cara pria itu dianggap merupakan contoh yang ideal dari betapa pentingnya sikap tenang dan tidak panik saat menghadapi bahaya.

Sejak di-upload, rekaman itu sudah ditonton oleh lebih dari 1 juta kali dan disukai banyak orang. Keberanian dan ketenangan pria tersebut, mengingatkan netizen tentang sosok The Tank Man di Lapangan Tiananmen.

Keduanya sama-sama menggunakan baju atasan putih dan celana hitam. Perbedaannya terletak pada pemangsa, The Tank Man menghadapi barikade tank yang bisa saja menggilasnya, sedangkan pria Taiwan ini menghadapi kedua singa buas yang hendak menerkamnya.


Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: