Apa Benar Manusia Butuh 8 Gelas Air Tiap Harinya? Apa yang Terjadi Jika Kurang Atau Lebih dari 8?

THIS ADS by GOOGLE
Air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup yang ada di dunia ini. Tidak dipungkiri, tapi hewan, tumbuhan juga manusia sangat tergantung pada air untuk bisa bertahan hidup.



Untuk manusia, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa 65% tubuh manusia mengandung air. Penting banget kan..

Karena pentingnya bagi tubuh manusia, maka tak heran jika para ilmuwan merekomendasikan untuk minum 8 gelas air perhari. Lantas kenapa harus 8? Apa yang terjadi jika kita minum kurang atau lebih dari 8 gelas perhari?
Dikutip dari merdeka, sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2002 melakukan percobaan yang melibatkan beberapa orang dan membaginya ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk minum 8 gelas air per hari. Sementara kelompok yang lain hanya meminum air ketika mereka merasa haus.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum 8 gelas air per hari dan mereka yang hanya minum air ketika haus sebenarnya tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya tidak ada aturan baku berapa jumlah air yang harus kamu minum per hari,” terang penelitian ini.

“Konsumsi air putih sebenarnya didasarkan pada seberapa padat aktivitasmu dalam sehari serta kondisi tubuhmu. Oleh karena itu dengarkan kebutuhan tubuhmu dan jangan sampai terkena dehidrasi yang bisa memancing timbulnya masalah kesehatan lain.”

Nah.. itulah guys, jadi tubuh akan lebih sehat dan tidak mengalami dehidrasi yang buruk pada tubuh gara-gara kekurangan air.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: