Rahasia Dibalik Ucapan “Ya Rabbi...Ya Rabbi”

THIS ADS by GOOGLE
Jika kita pernah membaca Al-Qur'an, pasti sering embaca kata 'Ya Rabb atau Ya Rabbi". Mungkin, bagi kita yang tidak tahu menganggap bahwa kata itu hanyalah kata sapaan bagi Allah, tapi ternyata ada penjelasan di dalamnya.



Allah adalah pemelihara segala makhluk-Nya, Ya Rabb. Bentuk pemeliharaan ini berupa menciptakan, menyediakan segala kebutuhan kehidupan, dan memberikan nikmat yang begitu melimpah. Tanpa adanya nikmat ini, mungkin kita tidak akan bisa melanjutkan kehidupan. Arti kata Rabb dalam Bahasa Arab adalah Tuhan.

Kita ada karena Allah, kita hidup karena Allah dan kita mati juga karena Allah. Selain itu, banyak kenikmatan dan anugerah yang diberikan Allah dalam kehidupan kita. Dia tidak pernah membeda-bedakan hamba-Nya. Semua makhluk-Nya diberikan rezeki agar dapat melangsungkan kehidupan dengan baik. Namun, apa yang kita lakukan juga harus dipertanggungjawabkan. Jika amalan baik kita lebih banyak maka Allah akan memberikan pahala dan kenikmatan yang lebih. Sedangkan, jika kita melakukan dosa maka Allah akan memberikan siksa-Nya yang begitu pedih.

Terdapat dua bentuk tarbiyah Allah pada makhluk-Nya, yaitu:
Tarbiyah umum yang merupakan menciptakan, memberikan rezeki, dan menunjukkan jalan yang bermanfaat untuk kehidupan dunia. Tarbiyah umum ini lebih memperhatikan pada kehidupan dunia makhluk-Nya. Tarbiyah umum tetap dibutuhkan oleh makhluk Allah karena mereka juga membutuhkan rezeki, jalan dan kenikmatan lain yang diberikan oleh Allah.

Tarbiyah khusus yang merupakan penjagaan khusus dari Allah kepada wali-wali-Nya. Allah memberikan taufik agar mencintai imannya, Allah membimbing mereka agar beriman, kemudian Allah menyempurnakan iman mereka dan menghilangkan semua penghalang antara dirinya sendiri dan imannya. Ringkasnya, Allah membimbing agar mereka mendapatkan semua kebaikan dan terhindar dari segala bentuk keburukan, begitu juga kemaksiatan. Tarbiyah khusus ini cenderung dengan keimanannya pada Allah. Seseorang yang memiliki keimanan kuat kepada Allah, maka ia akan senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Kehidupan yang seperti ini akan membuat hatinya merasa nyaman dan sejahtera. Selain itu, Allah akan senantiasa memberikan pertolongan pada hamba-Nya yang beriman.

Inilah mungkin rahasia mengapa banyak nabi yang berdoa dengan mengatakan, “Ya Rabbi ... Ya Rabbi”. Maksudnya, segala yang mereka inginkan di dalam doa merupakan tarbiyah khusus dari Allah. Ya Rabbi artinya wahai Tuhanku.

Sebagai manusia biasa tentunya kita memiliki hajat dan keinginan, baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Hanya Allah yang mampu memenuhi keinginan kita tersebut. Berdasarkan penjelasan di atas, jika kita berdoa dengan ucapan “Ya Rabbi ... Ya Rabbi” maka doa kita tersebut bermaksud dalam tarbiyah khusus dimana permintaan yang tidak hanya mementingkan urusan dunia, tapi kehidupannya dengan keimanan pada Allah. Arti Illahi Robbi ini harus kita pahami di dalam hati agar segala yang kita lakukan adalah menuju Allah SWT.

Penjelasan tentang rahasia ucapan “Ya Rabbi” akan membuat kita lebih bersyukur atas nikmat pada Allah. Kehidupan kita tidak hanya sebatas kehidupan di dunia saja, tapi juga kehidupan di akhirat. Bahkan kehidupan dunia hanyalah sementara, sedangkan kehidupan yang hakiki adalah kehidupan akhirat. Oleh karena itu, perjuangkanlah kehidupan akhirat tanpa meninggalkan kehidupan dunia agar kita bisa bahagia dunia akhirat.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: