Manfaat Menikmati Rasa Lapar

THIS ADS by GOOGLE
Sebagai manusia, makan adalah kebutuhan untuk menunjang kita menjalani aktifitas. Apabila kita tidak makan, maka tubuh akan menjadi lemas. Rasa lapar akan selalu muncul sebelum kita memenuhi kebutuhan perut dengan makan dan minum.



Kita sering mendengar bahwa ketika perut terasa lapar maka saat itulah kita harus makan. Seorang dokter gizi bernama Cynthia Sass memiliki pendapat yang berbeda. Ia mengatakan bahwa ketika kita merasa lapar jangan terburu-buru untuk makan. Untuk itu kita akan mempelajari manfaat lapar untuk otak.

Rasa lapar yang berlebih akan membuat kita terganggu konsentrasinya, darah menjadi cepat naik, emosi juga menjadi labil sehingga akan mudah membentak siapa saja yang mengganggu kita. Meskipun demikian, Cyntihia menjelaskan bahwa rasa lapar yang masih ringan sampai sedang, sebenarnya merupakan hal yang biasa. Rasa lapar ini biasa muncul empat kali dalam sehari.

Ia menambahkan jika rasa lapar adalah signal jika sistem metabolisme kita sedang berjalan dan sedang terjadi pembakaran makanan yang telah kita konsumsi sebelumnya, sehingga saat tiba waktunya untuk kita makan dalam beberapa jam ke depan rasa lapar akan muncul.

Terdapat beberapa klien dari Chinthia yang datang dan mengatakan selalu merasa lapar padahal mereka makan tepat waktu. Ternyata itu bukanlah rasa lapar yang sesungguhnya karena mereka makan terlalu banyak sebelumnya. Jika kita terlalu banyak makan hari demi hari maka kelebihan berat badan dapat terjadi. Maksudnya adalah meskipun kita mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan tepat waktu, apabila kita tidak merasa lapar, kemungkinan kita akan mengonsumsi makanan yang lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan tubuh guna mempertahankan dan mencapai berat badan ideal.

Terdapat dokter yang menyarankan bahwa kita tidak perlu merasa kelaparan meskipun ada sedikit gemuruh di dalam perut. Oleh karena itu, jika kita tetap tidak merasa lapar lima jam setelah makan, maka kita bisa mengurangi sedikit porsinya untuk makan di waktu selanjutnya. Kita bisa melakukan eksperimen rasa lapar sendiri, seperti lapar saat bangun tidur, sedikit lapar saat tiga sampai lima jam setelah itu. lapar bisa kita jadikan sebagai tolak ukur tubuh kita untuk menjaga keseimbangan jadi nikmati saja rasa lapar itu. Tapi ingatlah bahwa rasa lapar yang bisa dinikmati adalah lapar yang ringan hingga sedang. Kemudian kita bisa menggunakan rasa lapar itu untuk mengatur nafsu makan. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam menahan lapar saat puasa sehingga puasa tidak akan mengganggu metabolisme kita, bahkan tubuh menjadi lebih sehat.

Selain itu, ada dalil yang mengatakan bahwa makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Hal ini dirasa lebih baik untuk kesehatan karena kita tidak akan merasakan lapar yang berlebih dan asupan gizi dapat terpenuhi pada waktu yang tepat. Apabila kita makan dalam keadaan yang begitu lapar, akan memungkinkan kita makan lebih banyak lagi. Dan inilah yang membuat kesehatan tidak baik.

Berdasarkan penjelasan manfaat lapar bagi kesehatan di atas, kita seharusnya bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah pada kita. Menikmati rasa lapar juga merupakan kenikmatan dari Allah karena kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh fakir miskin saat mereka tidak dapat makan. Selian itu, rasa lapar ini membuat kita lebih bersyukur lagi karena kita masih bisa memenuhi kebutuhan dengan makanan dan minuman. Itulah manfaat menikmati rasa lapar.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya: